RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN”


TUGAS
SISTEM PERENCANAAN PAI

Tentang
“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN”




Oleh :
MUSLI AFRIZONA RAHMAD


Dosen pembimbing :
SANAH. S.Pd.I, MA



FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT (UMSB)
2011 M/1432 H

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Nama Sekolah                    :  MTsN 1 SURANTIH
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                    :  IX  / 1
Standar Kompetensi          :  1.         Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar              :  1.1       Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit


A.          Tujuan Pembelajaran
§  Tanya jawab  tentang  sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
§  Membuat peta konsep sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial
§  Mendiskusikan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran
B.           Materi Pembelajaran
§  Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
§  Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial
§  Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran
C.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.           Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.           Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
TesTulis
Uraian
Ø  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan?
Ø  Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosia
Karya

Tugas
Ø  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosia ?
Ø  Mengidentifikasikan sejarah masuknya Islam di Nusantara  pengajaran
Tes lisan


Tugas
Ø  Jelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara  pengajaran ?

Ü   Teknik             :  Tes Tulis
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100






Mengetahui,
Kepala Sekolah




.....................................................
NIP.

.................. , ...............................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam



MUSLI AFRIZONA RAHMAD
BP. 10.06.002.012.010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Nama Sekolah                    :  MTsN 1 SURANTIH
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                    :  IX  / 1
Standar Kompetensi          :  1.         Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar              :  1.2       Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa Sumatra dan Sulawesi
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit

A.          Tujuan Pembelajaran
§  Mencermati cerita sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
§  Membuat peta konsep tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra dan Sulawesi
§  Berdiskusi tentang sejarah beberapa kerajaan Islam di sumatra dan Sulawesi
B.           Materi Pembelajaran
§  Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
§  Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra
§  Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi
C.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.           Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.           Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
TesTulis
Uraian
Ø  Jelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa ?
Ø  Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra
Penugasan

Tugas
Ø  Jelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra ?
Ø  Menjelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam Sulawesi 
Tes unjuk kerja

Tugas
Ø  Jelaskan sejarah beberapa kerajaan Islam Sulawesi ?

Ü   Teknik             :  Tes Tulis
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100








Mengetahui,
Kepala Sekolah







.....................................................
NIP.

.................. , ..............................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam





MUSLI AFRIZONA RAHMAD
BP. 10.06.002.012.010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Nama Sekolah                    :  MTsN 1 SURANTIH
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                    :  IX  / 1
Standar Kompetensi          :  1.         Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar              :  1.3       Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit


A.          Tujuan Pembelajaran
§  Mendiskusikan para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
§  Menunjukkan peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
B.           Materi Pembelajaran
§  Para Tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
§  Peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
C.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi

D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu

E.           Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.           Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Mengklasifikasi tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
Tes lisan

Uraian
Ø  Sebutkan tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia ?
Ø  Menunjukkan peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
Tes unjuk kerja

Tugas
Ø  Jelaskan peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia ?

Ü   Teknik             :  Tes Tulis
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100








Mengetahui,
Kepala Sekolah







.....................................................
NIP.

.......................................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam





MUSLI AFRIZONA RAHMAD
BP. 10.06.002.012.010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                            :  MTsN 1 SURANTIH
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas                                    :  IX  / 1
Standar Kompetensi          :  1.         Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Kompetensi Dasar              :  1.4       Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
Alokasi Waktu                    : 2 x 40 menit


A.          Tujuan Pembelajaran
§  Menganalisa keteladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
§  Mengidentifikasi keteladanan semangat para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
B.           Materi Pembelajaran
§  Semangat para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
§  Kisah keladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
C.          Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Penugasan
§  Diskusi
D.          Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan awal
§    Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§    Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü   Kegiatan Inti
§    Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§    Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§    Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§    Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§    Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü   Kegiatan  Akhir
§    Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§    Siswa dan guru melakukan refleksi
§    Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E.           Sumber Belajar
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§  Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§  Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§  Ensiklopedi Islam
F.           Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menelaah keteladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
TesTulis
Uraian
Ø  Jelaskan keteladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia ?
Ø  Mengklasifikasi keteladanan semangat para  tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
Tes unjuk kerja

Jawab Singkat
Ø  Sebutkan keteladanan semangat para  tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia?

Ü   Teknik             :  Tes Tulis
§    Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam
0

§    Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
2
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
1
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam
0

Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100





Mengetahui,
Kepala Sekolah







.....................................................
NIP.

....................................................
Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam





MUSLI AFRIZONA RAHMA
BP. 10.06.002.012.010

Komentar