jawaban soal ujian MEDIA PEMBELAJARAN smester IV


Ujian Semester      : Media Pembelajaran  
Sama Bpk              : Drs. Yunardi M.Pd                                               
Nama                     : Musli Afrizona Rahmad
BP                          : 1006002012010
Tanggal Ujian      :
SOAL :
1.      Jelaskan Pengertian Media dan Media Pembelajaran ?
2.      Media apa saja yang saudara ketahui dalam proses belajar mengajar ?
3.      Buat atau susunlah denah cara pembuatan Imael dan Blog ?
4.      Apa Kelebihan dan Kekurangan Media pada Soal no 3 ?
5.      Apa yang dimaksud Media Jadi dan Media Rancangan ?
JAWABAN SOAL :
1. Jelaskan Pengertian Media dan Media Pembelajaran ?
Jawaban:
Ø  Pengertian media adalah secara harfiah kata media memiliki arti “ perantara” atau “pengantar”. Association for Education and Communication Technology (AECT) mendefenisikan media yaitu bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan Education Association (NEA) mendefenisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program insrtuktional.
Ø  Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
2.      Media apa saja yang saudara ketahui dalam proses belajar mengajar ?
Ø  Media yang saya ketahui dalam proses belajar  mengajar adalah:
1.      Media Papan tulis                   7. Media Komputer
2.      Media Spidol                          8. Media Gambar/ Foto
3.      Media Lettop                          9. Media Karikatur atau Kartun          
4.      Media Infocus                       10. Media  Komik
5.      Media TV                             11. Media Bagan (Chart)
6.      Media Radio                        12. Media Grafik atau Kurfa (Line Graph)          
3.      Buat atau susunlah denah cara pembuatan Imael dan Blog ?
Cara membuat imael
1.      Langkah pertama ini tentunya membuka browser kamu dulu ya (misalnya IE atau internet explorer, Mozila Fireox, Google Chrome, atau opera, )… kemudian masukkan alamat situsnya yaitu www.mail.yahoo.com pada kolom alamat atau address bar,
Cara membuat email di yahoo
sesaat kemudian akan muncul halaman yahoo mail, pastikan halamannya seperti gambar di bawah ini
cara membuat email di yahoo
2.      Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah terdaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in.
Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunyai Id yahoo dan pasword, silahkan klik saja tombol Sign Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com. Perhatikan gambar di bawah ini
Cara membuat email langkah keduaCara membuat email langkah kedua
3.      Setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.
gambar email ketiga
Jika sudah tampil seperti halaman di atas, silahkan masukkan data-data identitas diri kamu susuai kolom  yang telah disediakan. Jika kamu bingung perhatikan contoh pengisiannya di bawah ini. Mohon di perhatikan, gambar di bawah ini hanya contoh, jika nama kamu bukan Martono ya jangan diisi martono
cara membuat email di yahoo
Penjelasan pengisian :
ü  untuk pengisian kolom ‘alternate email’ dikosongkan saja tidak apa-apa, atau kalau mau bisa diisi dengan alamat email teman yang bisa dipercaya. Karena email alternatif ini berfungsi jika kamu nanti lupa dengan pasword kamu, maka pasword kamu nanti bisa direset (didapatkan) lewat email alternatif yang kamu masukkan tadi. Untuk pilihan pertanyaan, tinggal pilih saja salah satu (sudah disediakan, jadi tidak perlu bikin pertanyaan) dan jawabannya masukan sendiri, bagian itu fungsinya juga sama dengan email Alternate. Yaitu untuk mereset password jika kamu lupa dengan pasword kamu, nanti pertanyaan yang kamu pilih tadi akan muncul, dan kamu masukkan jawaban yang kamu buat tadi untuk membuat password baru.
ü  Masukkan code capta pada kolom yang disediakan, maksudnya yahoo meminta memasukkan code seperti itu adalah untuk menjaga keamanan server yahoo dari mesin spam. karena mesin spam tidak bisa membaca code capta, kecuali hanya manusia. jika code capta sulit dibaca, klik klah icon dua panah bengkok di sebelah kiri kode capta. maka nanti kode capta akan berubah menjadi bentuk yang lain. jika masih sulit, klik lagi sampai gampang dibaca.
4.      Jika data pribadi kamu sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ].  jika kolom isian formulir telah kamu isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini.  Klik tombol Continue, untuk melanjutkan proses selanjutnya.
cara membuat email di yahoo
5.       Sesaat kemudian akan diarahkan ke dashboard email yahoo.com, seperti gambar di bawah ini. Di dashoard ini terdapat beberapa menu penting untuk pengelolaan email yang perlu kamu ketahui, antara lain ;
In box atau tempat kotak masuk email,
Contact yang berisi daftar alamat email,
Draft : berisi daftar email yang belum terkirim
Sent : berisi daftar email yang telah terkirim
Spam : berisi email dari seseorang yang mencurigakan atau tidak diinginkan
dan Trash : tempat sampah email yang telah kamu hapus.
cara membuat email di yahoo
6.       Ketika email yahoo ini baru dibuat, di kotak masuk email atau inbox akan ada sebuah email dari yahoo yang berisi kata sambutan atau pengenalan tentang yahoo. Untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan gambar di bawah ini.
7.      Setelah tampil daftar email masuk, silahkan klik satu email baru tersebut.
cara membuat email di yahoo
8.      maka isi email akan tampak seperti gambar di bawah ini
cara membuat email di yahoo

Cara membuat blog
1.      Sebelum mendaftar di blogspot, ada hal penting yang harus kamu ketahui. Yaitu kamu harus mempunyai alamat email yang aktif. karena pada formulir pendaftaran blogspot nanti terdapat kolom email yang harus di isi. Jika tidak diisi, maka kamu tidak akan bisa membuat blog di blogspot. Bagi kamu yang belum mempunyai email, silahkan baca cara membuat email <– klik untuk membaca panduan membuat email di yahoo. Khusus untuk gmail.com, jika kamu sudah memiliki email gmail.com, silahkan langsung baca Bab Mendaftar Blogger dengan Akun Gmail di bawah, untuk membuat blog lebih mudah.
2.      Jika Kamu sudah membuat dan memiliki  email, Silahkan buka  alamat  situ www.blogger.com, dan sehingga  tampil  halaman seperti di bawah ini.
cara membuat blog di blogspot
Selanjutnya, silahkan klik tombol orange yang bertuliskan Memulai, untuk mulai mendaftar membuat blog di blogspot.
3.      Kemudian lengkapi formulir pendaftaran pembuatan blog di blogspot, sehingga isinya seperti yang dicontohnya seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog di blogspot
gambar di atas hanyalah contoh, untuk isinya sesuaikan dengan data yang kamu miliki
Penjelasan mengenai pengisian formulir pendaftaran blogspot silahkan perhatikan di bawah ini Pada kolom alamat email : masukan email kamu
ketik ulang alamat email : masukan lagi email yang sama seperti diatas
Masukan sebuah password : masukkan kata kunci (minimal 8 karakter, bisa huruf bisa angka)
ketikan ulang sandi : masukan lagi password yang telah kamu masukan sama dengan yang di atas
Nama tampilan : isi nama kamu atau nama alias kamu (ini akan tampil bersamaan dengan posting, artikel yang kamu buat nanti)
verifikasi : masukkan gambar kata yang terdapat di atas kolom.
pada gambar di atas sudah saya sertakan contoh pengisiannya
jika sudah diisi semua lalu klik Tombol Panah orange (Lanjutkan)
4.      Setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman formulir untuk melengkapi judul blog dan alamat blog kamu.
cara membuat blog
Isilah Kolom Judul Blog dan Alamat blog sesuai dengan keinginanmu, jika alamat blog menggunakan 2 kata atau lebih gunakan tanda ( – ). karena blogspot tidak bisa menggunakan spasi. contoh pengisiannya perhatikan gambar di atas
Terkadang alamat blog yang kita tulis sudah pakai oleh orang lain, jika sudah dipakai orang lain berati tidak bisa digunakan. Untuk mengetahui sudah dipakai orang lain atau belum Klik saja tombol “cek ketersediaan” jika belum dipakai orang lain, maka di bawahnya akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia
jika sudah selesai menentukan judul dan alamat blog, silahkan klik tombol (Lanjutkan)
5.      Setelah kamu klik tombol lanjutkan, nanti akan tampil halaman untuk menentukan tema atau template blog kamu, Halaman tema akan tampak seperti gambar di bawah ini.
cara membuat blog
Untuk memilih template tinggal klik salah satu. kemudian  klik  tombol lanjutkan.
Setelah tombol Lanjutkan di atas diklik,  berarti blog kamu sudah jadi, hanya saja belum ada artikelnya sama sekali. Untuk memberi artikel pertama kali, silahkan klik tombol Mulai Blogging seperti gambar di bawah ini.
 cara membuat blog
6.      Setelah kamu klik tombol mulai blogging nanti akan tampil halaman pengisian artikel.

4.      Apa Kelebihan dan Kekurangan Media pada Soal no 3 ?
Kelebihan dan Kekurangan E-mail
ü  Kelebihan Menggunakan E-mail :
1.      Cepat ( sangat cepat ) karena hanya perlu beberapa menit ( ketik dan send ).
2.      Mudah ( karena kita cukup mengetik di komputer ).
3.      Multiple send ( dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ).
4.      Dapat mengirim file ( attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain ).
5.      Kapan saja dan dimana saja ( tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ).
6.      Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia.

ü  Kekurangan Menggunakan E-mail :
1.      Harus online ( connect ke internet ).
2.      Text dan gambar only yang dapat dikirim ( tidak bisa kirim paket / barang ).
3.      Tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum.
4.      Harus ingat username dan password.
5.      Ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.


Kelebihan dan kekurangan blog
a.        Kelebihan blog
Selain karena sifatnya yang ada dalam jaringan internet, beberapa kelebihan dari blog lainya adalah sifatnya berdiri sendiri sebagai media, selain itu blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya.
Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. Informasi yang disampaikan akan langsung direspon, ditambahi, dikoreksi dan diperkaya oleh orang lain. Oleh karena itu, suatu topic mungkin bisa menjadi lebih menarik dengan adanya diskusi antara blooger dengan pengunjung weblognya.
Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog.
b.      Kekurangan blog
 Beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan.
Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.



5.   Apa yang dimaksud Media Jadi dan Media Rancangan ?
Jawaban:
Ø  Media jadi ( media byutilization) adalah media yang sudah ada di sekolah dan yang tersedia di pasaran, dalam hal ini media yang dirancang khusus oleh secara masal, disebut juga media siap pakai. Contoh: Pada saat kita menyampaikan pembelajaran IPS tentang wilayah Indonesia, peta Indonesia yang telah tersedia di sekolah ukurannya kecil, dilihat dari siswa yang duduk di belakang tidak jelas. Hal ini akan menggangu siswa untuk dapat menerima informasi tujuan pembelajaran kita selesaikan.
Ø  Media rancangan ( media by design) adalah media yang di rancang sendiri khusus oleh guru sesuai dengan tujuan kebutuhan pembelajaran tertentu dan biasnya tidak ada dipasaran. Contoh: pada saat pembelajaran IPA tentang rangkaian listrik tersebut. Hal ini sangat tidak efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kecuali apabila guru bersama-sam murid merancang membuat rangkaian seri dan parallel sendiri jauh lebih berhasil tujuan pembelajaran yang diharapkan.










Komentar