tafsir





ßMAKALAH
TAFSIR II
Tentang,
SUBYEK PENDIDIKAN



Oleh :
Muhammad Iqbal

Dosen pembimbing :
Drs.H. Usman Alnas. MA

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT (UMSB)
2012 M/1433 H
SUBJEK PENDIDIKAN
A.    Surat Arrahma Ayat 1-4
`»oH÷q§9$# ÇÊÈ zN¯=tæ tb#uäöà)ø9$# ÇËÈ šYn=y{ z`»|¡SM}$# ÇÌÈ çmyJ¯=tã tb$ut6ø9$# ÇÍÈ
Artinya:
1.  (Tuhan) yang Maha pemurah,
2.  Yang Telah mengajarkan Al Quran.
3.  Dia menciptakan manusia.
4.  Mengajarnya pandai berbicara.
· Surat ar-Rohman1-4
1. Allah yang maha pengasih "الرحمن"
2. Yang telah mengajarkan Al-qur’an ""علم القران
3. yang menciptakan manusia " "خلق الانسان
4. Mengajarkan pandai berbicara "علمه البيان."





B. Surat An-Najm Ayat 5-6
¼çmuH©>tã ߃Ïx© 3uqà)ø9$# ÇÎÈ rèŒ ;o§ÏB 3uqtGó$$sù ÇÏÈ :
Artinya:
5.  Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat.
6.  Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.
Surat An- Najm Ayat 5-6
5.   علمه شديد القوى Yang diajarkan kepadanya oleh (jibril) yang sangat kuat.
6. ذو مرة فاستوى  Yang mempunyai keteguan maka (jibril itu) menampakan dirinya dengan rupa yang asli (rupa yang bagus dan perkasa)
C. Tafsiran Ayat
· Surat ar-Rohman
"الرحمن" (yang maha pemurah) yakni Allah. ""علم القران ... "علم (yang telah mengajarkan) kepada siapa yang telah dikehendakinya. " القران "(Al-quran) "."خلق الانسان." (Dia yang menciptakan manusia) jenis manusia. "علمه البيان" (mengajarkan pandai berbicara) atau dapat berbicara.
· Surat an-Najm
""علمه شديد القوى " "علمه (yang diajarkan kepadanya) oleh malaikat." شديد القوى" (yang sangat kuat) "` ذو مرة فاستوى." "ذو مرة." (yang mempunyai kecerdasan) yang mempunyai kekuatan dan keperkasaan atau yang mempunyai pandangan yang baik yang dimaksud adalah malaikat jibril." فاستوى" maka (menetaplah ia) maksudnya menamapakan diri dengan rupa aslinya.
D. Maksud Ayat
Dalam surat ar-Rohman ayat 1-4 telah jelas bahwasannya diterangkan’’Allahlah yang telah menciptakan manusia untuk diajarkannya Al-quran dan bayannya.karna melalui al-quranlah kita diberi pengetahuan Allah dan seluruh manifestasi kasih sayang dan kemurahannya.
Dan dalam surat ini juga dijalaskan bahwasanya subject pendidikan disini adalah Allah dimana dialah yang talah mengajarkan Al-quran dan bayannya selain subject pendidikan dalam surat ini juga dijelaskan tentang object pendidikan yakni Allah yang mengajarkan Al-quran dan bayan kepada semua manusia.
Sedangkan dalam surat an-najm ayat 5-6 dijelaskan bahwa yang menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad SAW adalah malaikat jibril yang mana diberi potensi aqliyah yang sempurna kemudian dia (jibril) juga menampakan diri dengan rupa yang asli dan tampil sempurna.Dan dalam surat ini juga dijelaskan bahwa subject pendidikan adalah malaikat jibril yang mana punya potensi yang kuat yang menerima wahyu-wahyu al-quran untuk disampaikannya kepada nabi Muhammad SAW karena bagaimanapun malaikat jibril itu sebelum menyampaikan wahyu telah memperoleh pegajaran dari Allah dan tentunya malaikat jibril megajarkan firman allah kepada nabi Muhammad tanpa adanya pengajaran dari Allah.









Kesimpulan
Dalam surat ar-Rohman ayat 1-4 telah jelas bahwasannya diterangkan’’Allahlah yang telah menciptakan manusia untuk diajarkannya Al-quran dan bayannya.karna melalui al-quranlah kita diberi pengetahuan Allah dan seluruh manifestasi kasih sayang dan kemurahannya.
Sedangkan dalam surat an-najm ayat 5-6 dijelaskan bahwa yang menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad SAW adalah malaikat jibril yang mana diberi potensi aqliyah yang sempurna kemudian dia (jibril) juga menampakan diri dengan rupa yang asli dan tampil sempurna.















Daftar Pustaka
thejargon.multiply.com/reviews/item/33 - 48k – diakses May 22, '08 10:06 PM

DEPAG RI, Al-Quran Dan Terjemahnya dengan Transliterasi, Semarang, PT Karya Toha Putra.

Zuhairini dkk, 1991, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta.

Hadari Nawawi 1991, Pendidikan Dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas.

Shihab, M.Quraish 2001, Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur'an, Jakarta: Lentera Hati.


Komentar